Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar adalah. ?

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar adalah. ?


Daftar pustaka merupakan daftar rujukan penulis yang membantu menyelesaikan tulisannya entah itu tulisan karya ilmiah, artikel atau yang lainnya, daftar pustaka sangat penting karena menjadi sumber dari hasil tulisan yang penulis buat selain itu daftar pustaka juga menunjukan bahwa suatu tulisan tidak di tulis berdasarkan analisa dan pemikiran sendiri melainkan ada beberapa sumber yang dijadikan rujukan sehingga kualitas tulisan dan isi tulisan dapat di pertanggung jawabkan kebenarnnya.

Selain guna menunjukan isi dalam tulisan benar-benar memilki kredibelitas yang tinggi, daftar pustaka juga di tulis bertujuan untuk berterimakasih kepada seseorang yang telah membuat karya tulisannya sehingga penulis dapat mengambil beberapa referensi dari tulisannya dan hal ini juga menunjukan bahwa penulis menghargai sebuah karya milik orang lain.

Dalam sebuah penulisannya, daftar pustaka tidak ditulis sembarangan melainkan ada aturan yang mendasari metode penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, bahkan seorang dosen sangat memperhatikan tata cara penulisan daftar pustaka yang terdapat dalam makalah atau skripsi mahasiswanya maka dari itu mungkin salahsatu alasan anda datang mengunjungi artikel ini.

Oke baiklah berikut saya sampaikan tata cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dan bagaimana cara mudah membuatnya di microsoft office word.

1.    Nama Pengarang

Nama penulis ditulis paling depan, namun dalam penulisan nama penulis anda harus menulis nama belakang terlebih dahulu baru di ikuti nama depannya atau singkatnya namanya di tulis terbalik dengan diberi tanda koma di tengahnya sebagai contoh nama penulis “Dede Ikrom” maka anda menulisnya dengan “Ikrom, Dede’ namun apabila penulis lebih dari satu orang makan hanya nama penulis pertama yang penulisannya dibalik slenjutnya di tulis seperti biasa sesuai nama aslinya.

2.    Tahun Tulisan Terbit

Tahun terbitnya buku di tulis setelah penulisan nama dari buku yang dijadikan daftar referensi, tahun terbit biasanya terletak di cover buku atau setelah cover sebuah buku

3.    Judul Buku

Penulisan Judul Buku menggunakan huruf Italic atau tulisan miring dan anda juga harus menuliskan judul buku dengan lengkap tidak boleh di singkat atau dihilangkan sebagian judulnya.

4.    Kota Penerbit dan Perusahaan Penerbit

Yang terakhir dari penulisan daftar pustaka dari sebuah buku adalah dengan menuliskan kota tempat buku itu diterbitkan dan perusahaan yang menerbitkannya, cara penulisannya adalah dengan mendahulukan menulis kota penerbit lalu di ikuti dengan perusahaan penerbit dan diberikan jeda tanda koma diantara kota penerbit dan perusahaan penerbit.


Sebagai contoh saya mengambil referensi dari sebuah buku yang berjudul :

Judul                         : Cara Menulis

Penulis                      : Dede ikrom

Penerbit                    : Kamuflaseid

Kota Penerbit          : Lebak

Tahun Terbit            : 2021

Maka cara penulisannya adalah

Ikrom, dede. 2021 Cara Menulis Lebak : Kamuflaseid


Nah itu adalah cara penulisan daftar pustaka dari buku, lalu bagaimana cara penulisan daftar pustaka yang diambil melalui artikel jurnal, makalah atau skripsi

Tata cara penulisan daftar pustaka yang diambil melalui artikel jurnal, makalah atau skripsi tidak berbeda jauh dengan tata cara penulisan daftar pustaka yang diambil dari buku semuanya juga harus ditulis mulai dari nama penulis,tahun terbit, judul artikel, nama kota dan nama penerbit namun hanya terletak dalam urutan penulisan.

Berikut cara penulisannya :

1.    Nama

Nama yang anda tulis adalah nama penulis artikel tersebut bukan nama majalah ataupun editornya, melainkan nama yang membuat artikel tersebut.

2.    Judul

Judul artikel tidak ditulis miring seperti judul buku melainkan ditulis lurus normal seperti biasa namun ditandai tanda kutip (“) diantara judul tersebut, lalu anda harus menuliskan sumber jurnal atau koran yang terdapat artikel tersebut dan untuk penulisan nama koran, jurnal atau majalah di tulis miring (Italic) dan nomor halaman pun harus anda tulis kutipan nomor halaman anda tulis dalam tand kurung (..)

Berikut Contoh Penulisan daftar pustaka yang diambil melalui artikel jurnal, makalah atau skripsi

Artikel

Judul Jurnal     : Jurnal Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran

Judul Artikel     : Strategi Manajemen Pemasaran dalam meningkatkan profit di perusahaan

Penulis              : Dede ikrom

Penerbit            : Qothrotulfalah Publisher

Kota Terbit        : Lebak

Tahun Terbit     : 2021

 

Maka cara penulisannya adalah

Ikrom, dede. 2021 “Strategi Manajemen Pemasaran dalam meningkatkan profit di perusahaan” dalam Jurnal Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (hlm. 129-132). Lebak:Qothrotulfalah Publisher

 

Berikutnya cara penulisan daftar isi yang diambil dari Internet

Dijaman modern ini semakin banyak orang – orang mencari sesuatu dari internet karena kemudahan ini lah segala pengetahuan bisa kita dapatkan melalui internet tidak terkecuali dengan daftar referensi, bahkan hampir 70% mahasiswa menggunakan internet untuk mencari bahan referensi dalam karya tulis ilmiahnya namun begitu anda harus tetap mencantumkannya kedalam daftar pustaka karya ilmiah anda dan berikut cara penulisannya.

1.    Nama Penulis

Cara menulis nama penulis dari internet sama saja dengan menulis nama referensi dari buku ataupun jurnal yang dimuat dalam media cetak.

2.    Tahun di Postingnya Artikel

Kalian juga harus menuliskan tahun artikel tersebut di posting di internet

3.    Judul

Judul artikel dari internet tidak ditulis miring melainkan ditulis lurus seperti biasa 

4.    Link Artikel

Artikel yang dimuat di internet pasti memiliki link atau url, jangan lupa kalian memasukan url tersebut kedalam karya ilmiah anda

5.    Waktu artikel di ambil

Jangan lupa kalian juga harus mencantumkan kapan kalian mengambil referensi dari artikel yang dimuat di internet tersebut, mulai dari jam dan tanggal saat artikel itu kalian ambil untuk dijadikan bahan referensi.

Berikut Contoh penulisan daftar pustaka yang diambil dari Internet



nah, begitulah tata cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, namun untuk sekarang anda tidak perlu kesulitan membuat daftar pustaka karena sudah banyak software – software yang secara otomatis mengurutkan urutan penulisan daftar pustaka contohnya software mandeley namun anda juga bisa lebih mudah menulis daftar pustaka melalui microsoft word berikut kami buat kan tutorialnya.

Pertama persiapkan data – data artikel atau buku yang anda jadikan referensi lalu anda buka microsoft word dan klik menu references lalu klik Manage Sources maka akan terbuka menu seperti dibawah ini  :


Setelah terbuka menu seperti diatas anda klik New maka akan terbuka menu seperti dibawah ini 


Anda tinggal pilih darimana anda mengambil referensi jika anda mengambil dari buku makan klik book, jika mengambil dari jurnal maka klik jurnal sebagai contoh saya memilih dari buku maka akan terbuka menu seperti dibawah ini

Setelah terbuka menu seperti diatas, anda tinggal masukan data – data buku yang anda jadikan referensi setelah itu anda klik ok, lalu jika masih ada referensi yang mau anda masukan lagi maka klik lagi new dan isi lagi data-datanya berikut seterusnya, dan setelah kalian selesai memasukan semua refernsi buku yang kalian jadikan bahan referensi sekarang tinggal memasukannya kedalam blank document microsoft word anda caranya adalah sebagai berikut

Anda klik kembali menu references lalu klik menu bibliography

Maka akan muncul daftar pustaka yang tadi anda input di menu manage sources

Setelah itu anda klik baris daftar pustaka yang anda buat tadi, maka akan muncul sebuah daftar pustaka yang anda buat tadi

Maka anda tinggal merubah jenis font dan ukurannya saja, sampai sini anda sudah berhasil memuat daftar pustaka yang baik dan benar, jika anda tidak mengerti silakan tinggal komentar di kolom komentar dibawah ini dan jika anda suka silakan ikuti fans page kami, terimakasih…..

Sumber : https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/penulisan-daftar-pustaka-yang-baik-benar-2021-2

Post a Comment

Previous Post Next Post

Ads