TIPS MENGATASI INSOMNIA

TIPS MENGATASI INSOMNIA- Apakah anda susah tidur dimalam hari, ? meski anda sudah memjamkan mata hingga mata anda sakit, atau bahkan anda sudah push-up berkali – kali berharap tubuh anda lelah lalu anda terlelap , namun masih saja mata dan fikiran anda segar,  fresh dan sangat sulit untuk tidur..

Jika anda mengalami hal seperti itu maka tidak salah lagi anda menderita insomnia karena saya juga pun merasakannya, betapa tersiksanya saat kita susah tidur dimalam hari sedangkan kita harus bangun subuh dan tak tidur lagi sepanjang waktu karena harus ke sawah nyari rumput, wkwkwk atau mungkin harus ke pasar jadi tukang pinggul. 

Baca juga 7 makanan yang membuat otak anda cemerlang.....

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya kita cari tahu dulu apa itu insomnia,penyebab dan cara mengatasinya, menurut wikipwdia, Insomnia adalah gangguan tidur di mana orang sulit tidur. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur, Insomnia biasanya diikuti oleh kantuk di siang hari, energi rendah, lekas marah, dan suasana hati yang depresi. Ini dapat mengakibatkan peningkatan risiko tabrakan kendaraan bermotor, serta masalah fokus dalam belajar. Selain daripada pola tidur yang tidak baik dapat menyebabkan bulatan hitam area sekitar mata atau kita sering menyebutnya mata panda bahkan dapat menyebabkan tubuh kita kurus kering.

Penyebab insomnia sendiri adalah hal yang memicu stress. Misalnya karena terlalu memikirkan beban kerjaan, kesehatan tubuh, atau finansial. Stres juga bisa disebabkan karena kita sendiri yang memulainya mulai dari sering minum kopi dimalam hari, begadang yang tiada arti dan stalking sosmed mantan terus, hehehe

Untuk itu sangat perlu kita mengatasi masalah ini karena masalah sepele ini dapat menyebabkan dampak yang besar dikemudian hari.

Pengalaman pribadi saya pada tahun 2014, saya mengalami hal ini dimana setiap malam begadang dan tidak bisa tidur dengan lelap walaupun sudah dicoba berkali kali namun tetap saja mata susah untuk tidur, masalah ini berlangsung selama 3 tahun saya alami dimana pada saat itu saya masih duduk dibangku SMA, maklum lah anak remaja hobinya begadang. Saya sering dapat masalah karena itu mulai dari terlambat ke sekolah, tidur dijam pelajaran hingga dilempar penghapus papan tulis dan masih banyak lagi, akhirnya setelah saya lulus sekolah saya mulai mempelajari bagaimana mengatur waktu agar bisa aktif disiang hari dan tidur dimalam hari menjalani kehidupan normal seperti manusia pada umumnya, diawali dengan berhenti meminum kopi dimalam hari, lalu mematikan handpone diatas jam 10 dan berusaha menghapus semua fikiran, namun trik itu memang masih sulit mengatasi masalah insomnia ini, akhirnya saya mencoba cara lain yaitu dengan meminum segelas air putih dimalam hari ketika hendak tidur hingga perut saya kekenyangan tak lupa pula cara yang diatas saya lakukan, hasilnya tetap saya tidak bisa tidur hingga subuh tiba, lalu saya mencoba untuk tidak tidur disiang harinya meski mata berat dan sangat-sangat mengantuk saya paksakan untuk tidak tidur.

Setelah 24 jam menahan rasa kantuk akhirnya ketika waktu asar mendekati magrib saya tidak kuat menahan ngantuk nah disini lah poinnya, sebenarnya boleh saja kita tidur sekitar jam 11an mendekati duhur lalu bangun lagi sekitar jam 3an asal jangan sampe tidur setelah asar karena ketika saya tidak kuat menahan rasa kantuk itu, saya tidur setelah asar al hasil ketika malam tiba, mata saya kembali fresh hingga subuh menjelang, akhirnya percobaan tersebut hanya sia – sia.

Setelah pengalaman percobaan diatas yang saya uraikan tersebut keesokan harinya saya mencoba nya lagi dan berusaha sekeras mungkin untuk tidak tidur setelah asar dan alhamdulillah saya berhasil tidur di jam 10 malam dan terbangun jam 05.00 dengan keadaan badan yg bugar dan fresh.

Setelah kita berhasil tidur dimalam pertama, usahakan untuk tidak mengulangi penyebab – penyebab insomnia yaitu meminum kopi, begadang yang tiada arti, tidur setelah asar atau hal lain yang membuat kita tidak bisa tidur dimalam hari, terkhusus untuk mahasiswa yg banyak tugas atau mungkin yang lagi menyusun tugas akhir belajarlah mengatur waktu dan pola hidup sehat, Jadi pada hakikatnya insomnia bukanlah penyakit dan bisa kita atasi dengan cara kita sendiri mulai dari berhenti meminum kopi dimalam hari, mematikan handpone atau alat-alat yang lain, tidak tidur disiang hari dan belajar pola hidup sehat.


1 Comments

Previous Post Next Post

Ads