Sejarah Vaksinasi ditemukan

SEJARAH VAKSIN - Pada Tahun ini dan satu tahun kebelakang, dunia dibuat kacau balau oleh adanya virus yang dinamakan virus covid 19, virus ini berawal dari kota wuhan china meski sebenarnya virus ini sudah ada sejak lama namun hanya ada pada binatang seperti babi, anjing, kalkun, kelinci dan lain-lain tapi kini mereka menyerang manusia yang bermula dari kota wuhan china lalu kemudian bermutasi ke berbagai kota-kota di dunia hingga saat ini virus covid 19 sudah masuk ke plosok-plosok desa. Tidak dapat disangka makhluk yg tak terlihat ini menimbulkan dampak negatif yang sangat besar mulai dari ekonomi, penididikan dan lain-lain

Namun pada artikel ini kita tidak membahas hal itu, kita fokuskan pembahasan pada vaksinasi, sebenarnya apa sih vaksin itu, ? kenapa harus vaksin? dan bagaimana sih awal mula vaksin dibuat.?

mengutip dari Web MD” Vaksin adalah produk biologi dari virus yang dilemahkan atau sudah mati. Vaksin merupakan zat atau substansi yang fungsinya untuk membantu tubuh manusia melawan virus tertentu, Tubuh yang sudah divaksin akan membentuk antibodi terhadap virus tertentu, atau lebih simplenya karena tubuh kita sudah dimasukan virus yg sudah dilemah kan atau mati, maka antobodi tubuh kita akan mudah mengenali virus tersebut dan tahu bagaimana cara mengalahkannya ibarat perang kalo kita sudah mengetahui kelemahan musuh kita juga lebih mudah mengalahkannya. Begitulah cara kerja vaksin.

Baca juga Puisi yang akan memotivasi kita untuk terus kuat dan sehat disini

lalu sejak kapan vaksin mulai dikenalkan pada dunia kesehatan dan siapa penemunya, ? vaksin sendiri ditemukan oleh Edwar Jenner pada tahun 1796 mengutip dari history of vaccine.

Saya pernah membca postingan Tere liye di fanspage pribadinya dia mengatakan bahwa mulanya vaksin ditemukan pada saat itu dunia sedang mengalami pandemi seperti sekarang ini, namun pandemi pada waktu itu bukan disebabkan oleh virus corona, melainkan virus cacar. Penyakit ini menyebar keseluruh dunia, dan tak ada satupun manusia yang menemukan obat untuk penyakit ini, hingga konon pandemi pada kala itu menewaskan ribuan bahkan jutaan umat manusia.

Ditengah ke kacauan yang dialami dunia, saat itu edwar jenner melakukan percobaan dimana dia mengambil nanah pada cacar sapi dari seorang pemeras susu sapi, sampel nanah tersebut ia suntikan kepada anak laki-laki, dan seminggu kemudian ia biarkan anak laki-laki itu berkeliaran menjumpai orang-orang yang terkena penyakit tersebut, dan secara mengejutkan anak laki-laki itu tidak tertular penyakit tersebut, anak laki-laki itu memiliki antibodi yang kuat terhadap virus cacar sejak ia suntikan virus cacar sapi. Dan sejak itu edwar jenner berhasil menemukan imunitas untuk penyakit tersebut dan mulai dikenalkan pada dunia dan menjadi kabar yang baik bagi dunia kesehatan dan vaksin untuk penyakit cacar ini menjadi yang pertama didunia. Lalu kemudian ditemukan pula beberapa vaksin-vaksin lain seperti vaksin rabies pada tahun 1985 yang ditemukan oleh louis pastour.

Nah itu dia awal mula dan sejarah vaksin didunia, bagaimana, tidak bahaya bukan, bahkan malah membuat tubuh kita mejadi kuat terhadap virus tertentu seperti halnya vaksin cacar yang kuat terhadap penyakit cacar, jadi vaksin ini sudah ada dalam dunia kesehatan sejak lama dan sudah digunakan bertahun-tahun. Jika anda ingat waktu masih SD, kita sering disuntik, nah itu adalah imunisasi tidak jauh berbeda dengan vaksin yang memiliki tujuan yang sama,  yang disuntikan ke tubuh itu waktu SD itu  adalah jenis imunisasi diphtheria tetanus (DT), campak, dan tetanus diphtheria (Td). Nah jangan takut divaksin ayoo kita avaksin, agar dunia segera membaik dan kehidupan kita kembali normal, sungguh daku rindu nongkrong di angkringan susu jahe dipinggir alun-alun, hiks hiks hiks hiks  

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Ads