Kapan prakerja gelombang 18 dibuka

prakerja gelombang 18 kapan dibuka ?

Tahu kah anda bahwa pada awal 2020 lalu, pemerintah mengeluarkan dan mengimplementasikan sebuah kebijakan bernama kartu pra-kerja. Lalu apa yang dimaksud dengan kartu Pra-kerja ini dan apa kegunaannya.

Pemerintah telah banyak memberikan kebijakan selama masa pandemi ini, yah salah satu kebijakan yang dikeluarkan untuk masyarakat adalah kartu Pra-kerja, secara sederhana kartu ini dibuat sebagai landasan bagi para masyarakat yang belum memiliki keterampilan dalam hal bekerja.

Pra-kerja adalah suatu program yang dibuat sebagai bentuk terjalannya program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi masyarakat Indonesia terkhusus para pekerja/buruh, atau berbagai masyarakat dalam usaha mikro kecil yang kehilangan sebagain aset penghasilan karena pandemi yang terjadi.

Perlu diketahui bahwa latar belakang munculnya kartu Pra-kerja ini adalah adanya Ketidaksinabungan antara lulusan pendidikan sekolah baik pada jenjang sekolah menengah atas maupun kejuruan dengan dunia industri dan dunia usaha.


Melihat postingan akun resmi Instagram @Prakerja.go.id sendiri belum memberitahukan kapan gelombang 18 ini akan dibuka namun sudah dapat dipastikan akan secepatnya dibuka, kami sendiri memperkirakan gelombang 18 akan dibuka setelah PPKM Darurat selesai, mengingat banyak sekali hal yang harus di urus selama PPKM Darurat ini, jadi bersiap - siaplah dan pantau terus akun resmi Prakerja.go.id.

penerima kartu Pra-kerja ini juga tidak sembarangan para penerimaan yang adalah masyarakat yang merupakan warga asli Indonesia (WNI) baik dengan status lulusan SMA/SMK/SMP/perguruan tinggi atau juga masyarakat yang menganggur karena PHK.

Pemerintah akan bertanggungjawab secara penuh untuk memberikan pelatihan bagi para lulusan yang belum mampu bekerja atau kurang keterampilan bekerjanya. Pra-kerja juga disebut sebagai program untuk memajukan sumber daya manusia yang ada diIndonesia.

Pelatihannya pun sepenuhnya diambil alih oleh BUMN, swasta, atau pemerintah sendiri melalui kementerian dan lembaga. Bukan hanya di dalam negeri sendiri namun tidak menutup kemungkinan bahwa pelatian ini bisa dilakukan diluar negeri.

kartu Pra-kerja sendiri dapat memberikan banyak pengalaman agar para penerima memiliki keterampilan dalam dunia usaha. Harapannya agar di masa yang akan datang banyak tercipta pekerja handal dengan skil yang profesional dan pasti siap berkecimpung didalam lapangan kerja.

Anggaran yang diberikan pemerintah berkisar sampai Rp10 triliun dengan menargetkan dua juta peserta. Pembahasan sederhananya kartu pra-kerja reguler digulirkan sebanyak 0,5 juta dan kartu pra-kerja digital 1,5 juta.

Dengan menggunakan kartu pra-kerja, para penerima kartu bisa menjalani pelatihan vokasi yang  sudah diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK), hal ini dapat dilakukan oleh kementerian atau pihak swasta.

Pemanfaatan yang akan diperoleh berupa triple skilling, untuk upskilling, re-skilling, maupun untuk pelatihan itu sendiri. Skliling yang dimaksud difokuskan pada pencari kerja lulusan baru agar memiliki skil yang handal untuk menghadapi lapangan pekerjaannya.

Sedangkan re-skilling lebih berfokus pada pekerja yang beralih profesi dan yang terkena PHK atau berpotensi di-PHK. Tujuannya agar pekerja memiliki kemampuan berbeda dan mampu membangun usahanya sendiri.


Tonton Juga Tutorial Mencairkan Sisa Saldo Prakerja ke rekeneing langsung 


Biaya pelatihan yang ditanggung pemerintah sebesar Rp3.000.000 hingga Rp7.000.000 . Setelah pelatihan, peserta akan mengikuti ujian sertifikasi hingga memperoleh sertifikasi kompetensi, lalu lanjut uji kompetensi. Subsidi uji kompetensi yang disediakan sampai dengan Rp90.000.

Kartu pra-kerja hanya berlaku bagi masyarakat usia 18 keatas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, dan merupakan warga asli Indonesia.

Adapun  cara yang dapat dilakukan agar bisa mendapatkan kartu Pra-kerja ini sebagai berikut :

    1. Langkah pertama yaitu mendaftar di situs web yang telah disediakan atau ke lembaga pelatihan yang sudah ditunjuk pemerintah. Kunjungi situs web kementerian tenaga kerja yang telah disiapkan. 
    2. Nantinya akan ada proses seleksi yang wajib diikuti secara daring dan hasilnya akan diumumkan melalui situs web Kementerian Tenaga Kerja.
    3. Kemudian pilihlah lembaga pelatihan vokasi yang telah disediakan.
    4. Ikuti segala bentuk pelatihan yang sudah dipilih sebelumnya.
    5. Setelah semua selesai barulah anda akan mendapatkan sebuah sertifikat.
    6. Tak lupa berikan rating dan ulasan mengenai kebijakan maupun  dari situs webnya sendiri.
    7. Langkah terakhir yaitu Mengikuti survei kebekerjaan.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Ads